Semarang – Fakultas Kedokteran  Universitas Muhammadiyah Semarang (FK Unimus) menggelar acara Pelantikan dan Sumpah Dokter ke-18 pada Sabtu (26/01/2019). Sumpah Dokter kali ini meluluskan sebelas dokter baru yang telah sukses melewati seluruh fase Pendidikan kedokteran.  Dekan FK Unimus Prof. Dr. dr. H. Rifki Muslim, SpB, SpU (K) mengambil sumpah sebelas dokter baru di Aula lantai 7 Gedung FK di Kampus Terpadu Unimus. Dengan dilantiknya 11 dokter baru FK Unimus telah meluluskan 229 dokter sampai saat ini, dan mereka telah tersebar untuk mengabdikan diri di berbagai wilayah di Indonesia.

Prosesi pengambilan sumpah 11 dokter baru FK Unimus

Sebelas dokter baru FK Unimus yang mengikuti Sumpah Dokter yaitu: dr. Muhammad Mirza Fajar Handoko, dr. Takul Usman, dr. Ahid Auliya Fahminisa, dr. Atika Rachmi, dr. Durotul Farida, dr. Ellen Wulandari, dr. Emiliana Ayu Anggraini, dr. Endah Susanti, dr. Karina Silvia Rahmadhona, dr. Salsabila Astuti Prasetia dan dr. Tiara Perdana Putri. Sebelas dokter baru Unimus berasal dari 5 provinsi di Indonesia tersebut telah lulus Uji Kompetensi Program Profesi Dokter (UKMPPD) baik Computer Based Test (CBT) maupun Objective Structured Clinical Examination (OSCE).

Dekan FK Unimus menyerahkan surat tanda kelulusan kepada salah satu dokter baru

“Sumpah dokter sebagai salah satu upaya agar dokter melakukan pekerjaan secara profesional serta masyarakat terlindungi. Setelah di ambil sumpah, nantinya dokter baru lulusan FK Unimus akan mendarmabaktikan dirinya kepada bangsa, negara, masyarakat dan keluarga sebagai dokter yang Islami” ungkap Prof. Rifki.  Ditambahkan oleh Prof. Rifki tuntutan masyarakat terhadap profesi dokter semakin meningkat, artinya seorang dokter tidak hanya dipandang dari segi ilmunya tetapi juga dipandang dari profesi seorang dokter yaitu dokter yang berwibawa, berakhlak terpuji, ramah, humanis dan berdedikasi tinggi. Lulusan dokter baru diharapkan dapat membawa nama baik almamater FK Unimus. “Dengan adanya sumpah dokter hari ini menjadi pijakan awal kalian untuk berpendidikan ataupun karir yang lebih tinggi lagi. Saya percaya kalian dapat menjadi sosok dokter yang dapat diandalkan, “tambahnya.

Program Pendidikan Dokter FK Unimus yang berusia satu dasa warsa telah terakreditasi B oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes) untuk Sarjana Kedokteran Unimus dan Profesi Dokter, berlaku selama lima tahun mulai 27 Mei 2017 sampai 27 Mei 2022. Capaian hasil akreditasi diharapkan akan semakin meningkatkan mutunya dalam mencetak dokter keluarga yang unggul dan Islami. Selamat dan sukses bagi para dokter baru atas kelulusan yang telah diraih, selamat bagi para orang tua dan dosen pendidik yang telah berhasil menghantarkan dan mencetak lulusan dokter baru, sebagai kontribusi untuk kemajuan kesehatan Bangsa Indonesia.

Reportase UPT Humas dan Protokoler