Home / Akademik / Kurikulum

Kurikulum

Dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan, pendidikan dokter di Program Studi Pendidikan Dokter Unimus menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sesuai dengan SKDI 2012 yang ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia yang dilaksanakan dengan strategi Problem Based Learning (Belajar Berdasar Masalah), serta dengan pendekatan SPICES (Student centered, Problem based learning, Integrated, Community based, Early clinical exposure dan Systematic). Pendidikan dokter ini diselenggarakan dua tahap yaitu Pendidikan Tahap Sarjana dan Pendidikan Tahap Profesi. Pendidikan Tahap Sarjana dilaksanakan selama 7 semester, setelah lulus mendapat gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Pendidikan Tahap Profesi dilaksanakan selama 4 semester, merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Pendidikan Sarjana. Setelah lulus mendapat sebutan dokter (dr). Dalam sistem terintegrasi perencanaan, penyusunan dan pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan blok sebagai tolak ukur beban pendidikan mahasiswa.

Kurikulum disusun berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Indonesia dan muatan lokal berdasarkan Standar Kompetensi dan Karakter Dokter Muhammadiyah.

 

Pendidikan Tahap Sarjana adalah tahap di mana mahasiswa belajar ilmu kedokteran secara terintegrasi baik vertikal maupun horisontal dalam blok.

Dalam proses pendidikan sarjana, kurikulum tersusun dalam blok yang merupakan wadah integrasi disiplin ilmu diatas yang disusun dalam bentuk matriks. Satu semester  terdiri dari 3 blok. Setiap blok disusun berdasar tema yang telah ditentukan sesuai visi, misi dan tujuan institusi. Muatan lokal berupa Al Islam dan Kemuhammadiyahan serta Kedokteran Keluarga yang dikembangkan oleh institusi sesuai dengan visi dan misi Program Studi Pendidikan Dokter Unimus.

Dilaksanakan menggunakan pembelajaran metode PBL terintegrasi dalam blok, yaitu diskusi tutorial, pembekalan, praktikum biomedik, praktikum ketrampilan, belajar mandiri, penugasan, temu pakar, plennary discussion, skripsi.

 

Tahap Sarjana dibagi menjadi 4 sub tahapan berturutan, masing-masing :

TAHUN I : Dasar Kedokteran Klinik

Pendidikan pada tahap ini bertujuan menghasilkan penguasaan Kompetensi

Dasar Kedokteran, melalui Ketrampilan Belajar, Humaniora, Ilmu-Ilmu Biomedik, Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat, Dasar Ilmu Kedokteran Keluarga, Dasar Komunikasi Efektif dan History Taking, Dasar Kedaruratan Medik, Pemeriksaan Fisik Diagnostik Umum, dan Tanda-Tanda Vital, yang semuanya akan menjadi dasar bagi penguasaan keilmuan kedokteran klinik dan keterampilan klinik pada tahap-tahap selanjutnya. Pada tahun pertama ini dijabarkan sebagai berikut :

Semester  I

Blok 1   Ketrampilan Belajar dan Pengembangan Kepribadian Profesional

Disiplin Ilmu terkait : Ketrampilan Belajar ,  Komunikasi Efektif, Etika Kedokteran , Hukum Kesehatan, Kewarganegaraan, Sosio Anthropologi Medik Kedokteran Islam dan Ke-Muhamadiyahan

Blok 2  Biologi sel, Molekular, Genetika

Disiplin Ilmu terkait: Biologi, Genetika, Al Islam Dan KeMuhammadiyahan, Kedokteran Islam, Hukum dan etika kedokteran

Blok 3  Struktur & fungsi tubuh 1

Disiplin Ilmu terkait : Anatomi, fisiologi,histologi biokimia, Kedokteran Islam, Al Islam dan KeMuhammadiyahan.

Semester  II

Blok 4  Struktur & fungsi tubuh 2

Disiplin Ilmu terkait: Anatomi, fisiologi, histologi, biokimia, Kedokteran Islam, Al Islam dan KeMuhammadiyahan.

Blok 5  Struktur & fungsi tubuh 3

Disiplin Ilmu terkait : Anatomi, fisiologi, histologi, biokimia, Kedokteran Islam, Al Islam dan KeMuhammadiyahan.

Blok 6  Dasar Kedokteran Keluarga dan Komunitas

Disiplin Ilmu terkait: Ilmu Kedokteran Keluarga Kesehatan Masyarakat, Al Islam dan KeMuhammadiyahan, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Kebidanan dan Penyakit  Kandungan.

Kompetensi yang diharapkan dicapai pada tahun pertama adalah:

  1. Menguasai ilmu yang berkaitan dengan Profesionalitas yang luhur yang meliputi aspek agama, etika, moral, sosial budaya, hukum, profesionalisme dalam praktek kedokteran.
  2. Menguasai konsep mawas Diri dan Pengembangan Diri melalui penguasaan keterampilan belajar yang baik.
  3. Menguasai teknik komunikasi efektif dasar dengan pasien
  4. Menguasai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (internet) dengan baik
  5. Menguasai landasan ilmiah ilmu kedokteran yakni ilmu kedokteran dasar, ilmu kedokteran keluarga  dan komunitas serta prosedur klinik dasar.
  6. Memahami konsep Kedokteran Islam dan Al Islam KeMuhammadiyahan dalam penyelenggaran kehidupan sehari-hari.

 

TAHUN II & III : Ilmu Kedokteran Klinik

Pendidikan pada tahap ini bertujuan mencapai seluruh area kompetensi dokter melalui pembelajaran Blok-Blok Kompetensi Klinik (clinical sciences) berbasis Sistim.

Semester  III

Blok 7  Agent Penyakit  & Dasar Terapi

Disiplin Ilmu terkait : Patologi Anatomi, Patologi Klinik, mikrobiologi, parasitologi, farmakologi farmasi, ilmu gizi, Al Islam dan KeMuhhamadiyahan,  Kedokteran Islam

Blok 8  Sistema Indera

Disiplin Ilmu terkait : Ilmu Penyakit Mata, Ilmu Penyakit THT-KL, Ilmu penyakit kulit dan kelamin, Kedokteran Islam,  Patologi Anatomi, Patologi Klinik, mikrobiologi, parasitologi.

Blok 9  Sistema Digestif

Disiplin Ilmu terkait : Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Bedah, Ilmu Kesehatan Anak, Patologi anatomi, Patologi klinik, mikrobiologi, radiologi.

Semester  IV

Blok 10  Sistema Kardiovaskuler dan Sistema Respirasi

Disiplin Ilmu terkait : Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Bedah, Ilmu Kesehatan Anak, Patologi anatomi, patologi klinik, mikrobiologi, radiologi,rehabilitasi  medik, Al Islam dan KeMuhammadiyahan.

Blok 11  Sistema Reproduksi

Disiplin Ilmu terkait : Ilmu Kebidanan dan Kandungan,Ilmu Kesehatan Anak, Patologi Anatomi,  Patologi Klinik, dan Kedokteran Islam.

Blok 12  Sistema Uropoetika

Disiplin Ilmu terkait: Ilmu Penyakit Dalam, IlmuBedah, Ilmu Kesehatan Anak, Patologi anatomi, patologi klinik,dan Kedokteran Islam

Semester  V

Blok 13  Sistema Saraf dan Kesehatan Jiwa

Disiplin Ilmu terkait :Ilmu Penyakir syaraf, Ilmu Kesehatan Jiwa, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehatan  Anak, Rehabilitasi Medik, Patologi Anatomi dan Kedokteran islam

Blok 14  Sistema Endokrin, Metabolik, dan Hematoimunologi

Disiplin Ilmu terkait: Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Bedah, Ilmu Kesehatan Anak, Patologi anatomi,Patologi klinik,Ilmu Kebidanan dan Kandungan, dan Kedokteran Islam

Blok 15  Tumbuh Kembang, Siklus Hidup dan Nutrisi

Disiplin Ilmu terkait: Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Kebidanan dan Kandungan ,  Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu gizi klinik dan Kedokteran Islam

Semester  VI

Blok 16  Metodologi Penelitian dan Pengembangan Proposal

Disiplin Ilmu terkait : Biostatistik, Metodologi penelitian, rancangan percobaan, Metode Penyajian Ilmiah, Evidence Baed Medicine dan Kedokteran Islam

Blok 17  Emergency, forensik dan Etiko-Mediko-Legal

Ilmu kedokteran forensik, Medikolegal, Etika kedokteran, Ilmu anestesi, Ilmu bedah, Patologi anatomi Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Penyakit Dalam, Al Islam dan KeMuhammadiyahan, Kedokteran Islam

Blok 18  Kedokteran Keluarga dan Kedokteran Okupasi

Ilmu kedokteran keluarga, Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Epidemiologi, Ilmu Kedokteran Pencegahan dan Pendidikan Kesehatan, Ilmu Kesehatan Anak, Kedokteran Islam, Rehabilitasi Medik, Ilmu Penyakit Dalam

Proposal Skripsi

Kompetensi yang diharapkan dicapai pada tahun kedua dan ketiga adalah:

  1. Menguasai ilmu yang berkaitan dengan Profesionalitas yang luhur yang meliputi aspek agama, etika, moral, sosial budaya, hukum medikolegal serta profesionalisme dalam praktek kedokteran.
  2. Menguasai konsep mawas Diri dan Pengembangan Diri melalui penguasaan keterampilan belajar yang baik.
  3. Menguasai teknik komunikasi efektif lanjut dengan pasien, keluarga pasien, sejawat, masyarakat dan profesi lain.
  4. Menguasai ilmu kedokteran yakni ilmu kedokteran dasar dan ilmu kedokteran klinik serta ilmu kesehatan masyarakat/ kedokteran komunitas dan kedokteran okupasi yang terkini untuk mengelola masalah kesehatan .
  5. Melakukan keterampilan klinik, prosedur klinik, dan prosedur kegawatdaruratan, sesuai dengan landasan ilmiah ilmu kedokteran.
  6. Menguasai dasar dasar diagnosis, pengelolaan dan pencegahan penyakit atau masalah kesehatan.
  7. Mampu melakukan dan menulis proposal penelitian sesuai kaidah ilmiah.
  8. Memahami konsep Kedokteran Islam dan Al Islam KeMuhammadiyahan dalam penyelenggaran kehidupan sehari-hari.

TAHUN IV (Ketrampilan Klinik, Praktek Belajar lapangan dan SKRIPSI)

Semester  VII

Blok 19  Clinical Comprehensive 1

Ilmu Penyakit Dalam , Ilmu Kesehatan Anak , Ilmu Penyakit Saraf, Ilmu kesehatan Jiwa.

Blok 20  Clinical Comprehensive 2

Ilmu Bedah , Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Penyakit Mata , Ilmu Penyakit THT dan KL, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin

Blok 21  Community Based Education

Ilmu Kedokteran Keluarga , Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Gizi, Ilmu Penyakit Dalam

SKRIPSI

Kompetensi yang diharapkan dicapai pada tahun keempat adalah:

  1. Menerapkan etika, moral, sosial budaya, serta profesionalisme dalam praktek kedokteran.
  2. Menerapkanmawas Diri dan Pengembangan Diri melalui penguasaan keterampilan belajar yang baik.
  3. Menerapkan komunikasi efektif lanjut dengan pasien, keluarga pasien, sejawat, masyarakat dan profesi lain.
  4. Menerapkan ilmu kedokteran yakni ilmu kedokteran dasar dan ilmu kedokteran klinik serta ilmu kesehatan masyarakat/ kedokteran komunitas yang terkini untuk mengelola masalah kesehatan secara holistik dan komphrehensif.
  5. Melakukan keterampilan klinik, prosedur klinik, dan prosedur kegawatdaruratan, sesuai dengan landasan ilmiah ilmu kedokteran.
  6. Mampu melakukan dan menyajikan penelitian sesuai kaidah ilmiah
  7. Memahami konsep Kedokteran Islam dan Al Islam KeMuhammadiyahan dalam penyelenggaran kehidupan sehari-hari.

 

Tahap pendidikan profesi merupakan proses berkelanjutan tahap pendidikan akademik dalam melatih mahasiswa untuk belajar berinteraksi dan mempraktekkan ilmu yang diperoleh terhadap pasien secara langsung baik di Rumah Sakit maupun di wahana pendidikan lain, misalnya Puskesmas. Proses pendidikan di Fakultas Kedokteran Unimus, mempunyai tujuan akhir yaitu menghasilkan lulusan dokter yang mampu memberikan pelayanan kesehatan primer dengan pendekatan kedokteran keluarga dan dapat memimpin masyarakat di wilayahnya menjadi masyarakat yang sehat jasmani, rohani dan sosial berdasarkan ajaran Islam dan Muhammadiyah.

Tahap pendidikan profesi terbagi dalam dua tahap, yaitu tahap satu adalah Kepaniteraan Umum dan Kepaniteraan Klinik serta tahap kedua adalah Kepaniteraan Komprehensif. Kepaniteraan Umum merupakan kegiatan selama 6 minggu (3 SKS) di Fakultas dan RS Pendidikan Utama, yang bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki program pendidikan profesi. Kepaniteraan Klinik berupa rotasi klinik di 14 Bagian ­­di rumah sakit pendidikan utama dan jejaring yang dilaksanakan selama 72 minggu (36 SKS). Setiap bagian mempunyai lama waktu pembelajaran yang berbeda-beda, bagian besar selama 10 minggu, bagian sedang selama 4 minggu dan bagian kecil selama 2 minggu dengan tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran yang berbeda pula. Kepaniteraan komprehensif berlangsung di rumah sakit pendidikan jejaring selama 8 minggu (4 SKS). Total pendidikan tahap profesi adalah 86 minggu (43 SKS).Dilaksanakan menggunakan metode pembelajaran, antara lain bedside teaching, laporan kasus (case report session), refleksi kasus, clinical science session, resource person session/ tutorial dan evaluasi kasus.

Implementasi Nilai ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan dilaksanakan dalam bentuk ‘Pesantren Insan Utama II’ yang rutin dilakukan pada tahap rotasi Kepaniteraan Klinik. Sehingga pada akhirnya lulusan Program Studi Pendidikan Dokter Unimus diharapkan memiliki keahlian dalam ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan di masyarakat. Kegiatan pada pesantren ini meliputi kegiatan :

    1. Kemuhammadiyahan
    2. Aqidah & Akhlak
    3. Tadarus Al-Quran
    4. Pengajian
    5. Khotbah Jum’at/Ceramah
    6. Kegiatan mengelola pasien secara Islami,
    7. Sholat Jenazah

Setelah menyelesaikan kegiatan tersebut, semua kegiatan dievaluasi sebagai prasyarat Ujian Komprehensif. Setelah menempuh ujian syahadah, buku kegiatan diverifikasi oleh UKKI (Unit Kedokteran Keluarga Islami) Program Studi Pendidikan Dokter Unimus untuk mendapatkan Sertifikat Syahadah sebagai prasyarat untuk pelantikan dan sumpah dokter.

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com