11 Mahasiswa Unimus Ikuti Student Mobility di Thailand

Sebelas mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melakukan student mobility (exchange) ke Chulalongkorn University Thailand mulai 1 Maret 2017. Ke-11 mahasiswa (4 dari Prodi Kesehatan Masyarakat FKM), 4 dari Analis Kesehatan Fikes dan 3 dari Kedokteran FK menerima surat tugas dari Rektor Unimus Prof Dr H Masrukhi MPd, Direktur Eksekutif International Relation Office (IRO) Unimus Muh Yusuf PhD, Dekan FKM Mifbakhudin SKM MKes serta Kaprodi Kesehatan Masyarakat Dr Sayono SKM  MKes (Epid) di kampus setempat Senin (27/02/2017).
            Rektor Unimus Prof Dr H Masrukhi MPd menyatakan student mobility yang diikuti 11 mahasiswa ini berupa short course pada keilmuan masing-masing peserta. Short course diisi sit in, kuliah di lab, diskusi-diskusi ilmiah, mengunjungi Halal Centre Thailand, seminar serta field trip seputar kampus Chulalongkorn, salah satu perguruan tinggi terbesar di Thailand dan Asean ini.
          Dekan FKM Mifbakhudin SKM MKes, menyatakan short course 11 mahasiswa Unimus sebagai tindak lanjut MOU Unimus dengan Chulalongkorn University Thailand sekitar 5 bulan lalu. Keikutsertaan mahasiswa ke Thailand diharapkan membuka wawasan internasional mahasiswa serta meraih manfaat keilmuan ke depan bagi para mahasiswa.

Sumpah Dokter X Fakultas Kedokteran Unimus

Semarang, (18 Februaru 2017) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyumpah 11 Dokter baru Fakultas Kedokteran yang dilaksanakan di Hotel Grasia Semarang, yang dihadiri oleh Ketua PWM Jawa Tengah (Drs. H. Tafsir, M. Ag,) Wakil Direktur RSUD Tugurejo  Semarang, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah  Bidang SDM, Rektor Unimus yang dalam hal tersebut diwakili oleh Wakil Rektro III (Drs. Samsudi Rahardjo, MM., MT.), Dekan Fakultas Kedokteran ( Prof Dr. dr. Rifqi Muslim Sp.B., Sp.U.) Senator  dan Segenap Sivitas Academika Fakultas Kedokteran.

Sumpah Dokter yang telah dilaksanakan bukan merupakan akhir dari perjalanan ke 11 dokter baru tapi merupakan awal mereka untuk menjadi dokter yang benar – benar menjalani tugasnya sebagai Dokter yang bukan hanya professional tetapi melayani masyarakat dengan Ikhlas dan tidak membedakan Agama, Ras dan Suku Bangsa kata Wakil Rektor III dalam Sambutannya.

Sementara Itu dekan FK memaparkan fakultas Kodekteran Unimus sejak awal dibuka pada tahun 2008 telah menghasilkan banyak lulusan Dokter yang telah bekerja baik di dalam maupun diluar negeri. Dan yang telah  dilakukan FK Unimus dalam perjalanannya ialah berusaha membantu bangsa menjadi bangsa yang lebih sehat sesuai dengan Moto Muhammadiyah bekerja untuk kebaikan seluruh alam, termasuk seluruh Umat-Nya dan  bangsa Indonesia (NKRI) dan percaya apa yang dihasilkanNya. Selain itu Wali Dokter baru (dr. Tjatur Sembodo) menyampaikan bahwa lulusan dokter atau dokter baru merupakan dokter yang sudah kompeten yang telah diuji dan beliau menyapaikan bahwa tujuan pendidikan dokter Indonesia ada 5 hal yang harus dicapai :

–          Kompeten

–          Profesional

–          Beretika

–          Memiliki Kemampuan Manajerial

–          Memiliki Kemampuan Kepemimpinan

Reportase UPT Humas & JIPC