Sumpah Dokter ke-15 Dekan FK Unimus Lantik Dokter Baru

Dokter baru FK Unimus yang di lantik, dari kiri: dr. Harits Hammam Adhadi, dr. Epsila Ainun Bestari, dr. Dwitari Novalia Harazi, dr. N. Ulfah Azzahro Hariyono, dr. Fransisca Aprilia Megdalena, dr. Rizky Ernita Irawati, dr. Tuti Hadiyanti, dr. Divana Pradika Yanda Putra

Unimus │(14/05/2018)  Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (FK Unimus) Prof. Dr. dr. H. Rifki Muslim, SpB, SpU (K) mengambil sumpah  8 dokter baru lulusan program pendidikan profesi dokter FK Unimus. Sumpah dokter ke-15 di gelar di Hall Ramayana Hotel Patrajasa pada Senin, 14 Mei 2018. Ke delapan dokter baru yang diambil sumpahnya adalah dr. Harits Hammam Adhadi, dr. Epsila Ainun Bestari, dr. Dwitari Novalia Harazi, dr. N. Ulfah Azzahro Hariyono, dr. Fransisca Aprilia Megdalena, dr. Rizky Ernita Irawati, dr. Tuti Hadiyanti dan dr. Divana Pradika Yanda Putra. Sumpah dokter di hadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Wakil Rektor Unimus, Dekan Unimus, IDI Kota Semarang, perwakilan Dinas Kesehatan dan tamu undangan dari RS di kota Semarang.

Dekan FK Unimus Prof. Dr. dr. H. Rifki Muslim, SpB, SpU (K) menyatakan bahwa sampai sumpah dokter periode ke-15, FK Unimus telah meluluskan 169 dokter. “Sumpah dokter sebagai salah satu upaya agar dokter melakukan pekerjaan secara profesional serta masyarakat terlindungi. Tuntutan masyarakat terhadap profesi dokter semakin meningkat, artinya seorang dokter tidak hanya dipandang dari segi ilmunya tetapi juga dipandang dari profesi seorang dokter yaitu dokter yang berwibawa, berakhlak terpuji, ramah, humanis dan berdedikasi tinggi. Lulusan dokter baru ini diharapkan dapat membawa nama baik almamater FK Unimus” ungkap Dekan FK Unimus. Dekan FK Unimus juga memberi wejangan dan pesan khusus kepada empat dokter baru agar bekerja dengan etos kerja Islami sesuai visi misi Unimus. “Jangan pernah berhenti belajar karena belajar bersifat sepanjang hayat. Dokter baru Unimus seharusnya hidup secara benar, jujur dan amanah agar selamat di dunia dan akhirat” tambah Prof. Rifki.

Melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Rektor II Dr. Sri Sejeki, M.Kep, Sp.Mat Rektor Unimus Prof. Dr. H. Masrukhi, M.Pd berpesan kepada dokter baru yang dilantik agar prestasi yang telah dicapai agar dapat dijadikan modal untuk mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakat. “Gelar dokter ini merupakan hasil perjuangan yang tidak mengenal putus asa, dilandasi dengan sikap kesabaran, penuh semangat dan keuletan dalam menjalani kehidupan akademik, menempa intelektualitas dan skill. Sumpah dokter yang telah diucapkan harus diinternalisasikan dalam diri dan menjadi awal dari perjuangan baru yang lebih berat yaitu mengamalkan ilmu dan nilai-nilai ajaran Islam, berpikir sebagai intektual muslim yg bermoral” papar Rektor.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Fakultas Kedokteran Juara Umum MTQ Tingkat Unimus Tahun 2018

Semarang Ι Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) mengikuti kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Unimus yang digelar oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Samarang (Unimus) bekerjasama dengan Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK). Kegiatan MTQ 2018 menggelar tema “Membentuk mahasiswa berakhlak mulia dan cinta Al Qur’an di era milenial”  digelar di hall rektorat Unimus  pada Sabtu-Ahad, 21-22 April 2018.

Dipaparkan oleh Ketua LSIK Unimus Drs. Rohmat Suprapto, M.Si bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan syi’ar dakwah IMM, menjaring kader-kader berpotensi dan berprestasi, serta Membentuk mahasiswa berakhlak mulia dan cinta Al Qur’an di era milenial “Kegiatan ini juga dalam rangka menghasilkan kader potensial untuk mempersiapkan diri pada ajang MTQ tingkat Jawa Tengah” tambah Rohmat.

Terdapat 5 cabang perlombaan yaitu diantaranya adalah lomba Da’i/Da’iyah, Tilawah, Tahfidzul Qur’an, Tafsir, lomba cerdas cermat seputar Al-Islam Kemuhammadiyahan. Dan lomba dabat kajian Islam. Peserta yang mengikuti kegiatan perlombaan ini adalah delegasi dari 23 program studi dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Muhammadiyah Semarang.

Keluar sebagai juara umum MTQ Unimus 2018 adalah Fakultas Kedokteran Umum. Fakultas Kedokteran keluar sebagai juara umum setelah meraih 4 kejuaraan dalam 3 kategori lomba. Prestasi diraih oleh  Alifia Miftakhur Rohmah  sebagai juara 1 lomba tilawah, Hakmi Adhimah juara 3 lomba tilawah,  Nurkholifah Natsya Kamila sebagai juara 2 lomba Tahfiz. Prestasi lain sebagai juara 1 dalam kategori lomba debat Islami di raih oleh tim debat yang terdiri dari Indira Aura Balqis, Salsabil Ajie Prayoga dan Muhammad Zaenal Abidin. Penghargaan diserahkan oleh Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd di sela-sela pelaksanaan upacara Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2018. Piala di terima langsung oleh Dekan FK Unimus Prof. Dr. dr. Rifki Muslim, Sp.B, Sp.U (K)

Prestasi selaras dengan upaya membentuk mahasiswa berakhlak mulia dan cinta Al Qur’an. Prestasi yang di raih mahasiswa juga menjadi internalisasi perwujudan visi menjadi program Pendidikan Dokter Unimus yaitu menjadi program studi yang unggul dalam pendidikan kedokteran dengan pendekatan kedokteran keluarga dan kedokteran okupasi yang Islami berbasis teknologi dan berwawasan internasional pada tahun 2034. Prestasi positif ini tentunya menunjukkan bahwa banyak potensi-potensi positif dari mahasiswa FK Unimus yang tidak hanya cerdas dalam bidang keilmuan tapi juga berakhlak mulia.

Reportase UPT Humas dan Protokoler