Usai ikuti Sumpah Dokter ke-18 Sebelas Dokter Baru FK Unimus Siap Mengabdi Untuk Negeri

Semarang – Fakultas Kedokteran  Universitas Muhammadiyah Semarang (FK Unimus) menggelar acara Pelantikan dan Sumpah Dokter ke-18 pada Sabtu (26/01/2019). Sumpah Dokter kali ini meluluskan sebelas dokter baru yang telah sukses melewati seluruh fase Pendidikan kedokteran.  Dekan FK Unimus Prof. Dr. dr. H. Rifki Muslim, SpB, SpU (K) mengambil sumpah sebelas dokter baru di Aula lantai 7 Gedung FK di Kampus Terpadu Unimus. Dengan dilantiknya 11 dokter baru FK Unimus telah meluluskan 229 dokter sampai saat ini, dan mereka telah tersebar untuk mengabdikan diri di berbagai wilayah di Indonesia.

Prosesi pengambilan sumpah 11 dokter baru FK Unimus

Sebelas dokter baru FK Unimus yang mengikuti Sumpah Dokter yaitu: dr. Muhammad Mirza Fajar Handoko, dr. Takul Usman, dr. Ahid Auliya Fahminisa, dr. Atika Rachmi, dr. Durotul Farida, dr. Ellen Wulandari, dr. Emiliana Ayu Anggraini, dr. Endah Susanti, dr. Karina Silvia Rahmadhona, dr. Salsabila Astuti Prasetia dan dr. Tiara Perdana Putri. Sebelas dokter baru Unimus berasal dari 5 provinsi di Indonesia tersebut telah lulus Uji Kompetensi Program Profesi Dokter (UKMPPD) baik Computer Based Test (CBT) maupun Objective Structured Clinical Examination (OSCE).

Dekan FK Unimus menyerahkan surat tanda kelulusan kepada salah satu dokter baru

“Sumpah dokter sebagai salah satu upaya agar dokter melakukan pekerjaan secara profesional serta masyarakat terlindungi. Setelah di ambil sumpah, nantinya dokter baru lulusan FK Unimus akan mendarmabaktikan dirinya kepada bangsa, negara, masyarakat dan keluarga sebagai dokter yang Islami” ungkap Prof. Rifki.  Ditambahkan oleh Prof. Rifki tuntutan masyarakat terhadap profesi dokter semakin meningkat, artinya seorang dokter tidak hanya dipandang dari segi ilmunya tetapi juga dipandang dari profesi seorang dokter yaitu dokter yang berwibawa, berakhlak terpuji, ramah, humanis dan berdedikasi tinggi. Lulusan dokter baru diharapkan dapat membawa nama baik almamater FK Unimus. “Dengan adanya sumpah dokter hari ini menjadi pijakan awal kalian untuk berpendidikan ataupun karir yang lebih tinggi lagi. Saya percaya kalian dapat menjadi sosok dokter yang dapat diandalkan, “tambahnya.

Program Pendidikan Dokter FK Unimus yang berusia satu dasa warsa telah terakreditasi B oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes) untuk Sarjana Kedokteran Unimus dan Profesi Dokter, berlaku selama lima tahun mulai 27 Mei 2017 sampai 27 Mei 2022. Capaian hasil akreditasi diharapkan akan semakin meningkatkan mutunya dalam mencetak dokter keluarga yang unggul dan Islami. Selamat dan sukses bagi para dokter baru atas kelulusan yang telah diraih, selamat bagi para orang tua dan dosen pendidik yang telah berhasil menghantarkan dan mencetak lulusan dokter baru, sebagai kontribusi untuk kemajuan kesehatan Bangsa Indonesia.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Belasan Alumni FK Unimus Lolos Seleksi CPNS 2018

Menjadi Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara adalah dambaan setiap alumni Perguruan Tinggi di Indonesia. Alhamdulillah pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2018, sejumlah 15 lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang berhasil lolos seleksi diterima menjadi perawat ahli pratama di beberapa instansi di berbagai wilayah di Indonesia. Hasil ini menjadi  bukti bahwa lulusan Fakultas Kedokteran Unimus berhasil bersaing dan bersanding dengan lulusan Perguruan Tinggi favorit lain. Berikut daftar nama alumni Fakultas Kedokteran Unimus yang diterima seleksi CPNS tahun 2018:

Angkatan 2008
1. Marisa di RSUD Kendal
2. Gilang Sri Ridhanillah di Majalengka
3. Yosyana Eka Silvia Pratiwi di Puskesmas Kagok Smg

Angkatan 2009
1. Diphda Satria Risolawati di Puskesmas Genuk Smg
2. Netra Mada Subiyanto di Wonosobo
3. Nur Anita Setyaningrum di Wonosobo
4. Okie Ayu Ardiyawati
5. Lailatul Rizki Utami di Puskesmas Karangawen 2 Demak

Angkatan 2010
1. Diana Ratih Puspitasari di Puskesmas Gajah Demak
2. Amalia Isnaini di Puskesmas Kedung Jepara
3. Optie Ardha Berliana di Puskesmas Manyaran Smg
4. Alifia asyifa di Puskesmas Mangkang
5. Anita Mayasari di Wonogiri
6. Dienia Nop Ramliana di Jawa Timur

Selamat kepada para alumni yang telah di terima dalam seleksi CPNS tahun 2018, barakallah. Selamat mengabdi dan berbakti untuk negeri, semoga Allah senantiasa memberi keridhoaan, keberkahan dan kemudahan.