Shina Raih 3 Prestasi FGD Internasional

Yogyakarta | (30/11/2019) Shina Samanda Alam mahasiswa semester 3 S1 Kedokteran berhasil meraih prestasi membanggakan dalam kegiatan International Event UAD. Kegiatan diikuti tanggal 27-30 November 2019 diselenggarakan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta diikuti oleh 160 peserta dari Indonesia, Malaysia, Tiongkok, Hungaria, Bangladesh, Madagastar, Thailand dan Pakistan. Tanggal 29 November 2019 peserta International Seminar mengenal crosa culture dimana kesempatan mahasiswa belajar dari beberapa negara.

Ahamdulillah, Shina Samanda Alammenorehkan prestasi membanggakan pada kegiatan Intenational Campdi Yogyakarta tersebut. Shina berhasil meraih tiga prestasi yaitu Best Leader International Focus Group Discussion, Best Media Influencer International Focus Group Discussion, dan Best Group Discussion International Focus Group Discussion 2019. Kegiatan international FGD tersebut diikuti peserta dari 13 negara: Indonesia, China, Thailand, Vietnam, Bangladesh, Laos, Madagascar, Palestine, Belgia, Hungaria, Malaysia, Yaman dan Timor Leste. Barakallah, selamat atas prestasinya.

Reportase UPT Kehumasan dan Keprorokoleran

Shina Juarai International Singing Competition

Yogyakarta Ι (30/11/2019) Alhamdulillah, prestasi membanggakan tingkat internasional kembali ditorehkan oleh Shina Samanda Alam, mahasiswa Fakultas Kedokteran Unimus dalam ajang event dan kompetisi Intenasional yang digelar oleh Universitas Ahmad Dahlan di Yogyakarta 28-30 November 2019. Mahasiswa FK Unimus berasil menorehkan prestasi membanggakan dalam International Singing Competition 2019 yang diikuti oleh peserta dari 13 negara yaitu Indonesia, China, Thailand, Vietnam, Bangladesh, Laos, Madagascar, Palestine Belgia, Hungaria, Malaysia, Yaman,Timor Leste.

Pada event International Singing Competition 2019 mahasiswa semester 3 S1 Kedokteran Shina Samanda Alam berhasil meraih juara dua (2nd winner) melalui lagu  berjudul “Hallo”. Shina yang merupakan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unimus membanggakan institusi dalam kompetisi internasional yang diikuti peserta dari 12 negara tersebut. Sebelumnya pada bulan Agustus 2019, Shina beserta tim PSM Unimus juga berhasil meraih medali emas dan perak pada Bali International Choir Festival (BICF) dan berhasil membanggakan Indonesia.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Sumpah Dokter ke-21 Unimus Angkat Sumpah Empat Belas Dokter Baru

Kedungmundu Ι Fakultas Kedokteran  Universitas Muhammadiyah Semarang (FK Unimus) menggelar acara Pelantikan dan Sumpah Dokter ke-21 pada Sabtu (02/11/2019). Sumpah Dokter kali ini meluluskan empat belas dokter baru yang telah sukses melewati seluruh fase Pendidikan kedokteran di Unimus.  Dekan FK Unimus Prof. Dr. dr. H. Rifki Muslim, SpB, SpU (K) mengambil sumpah empat belas dokter baru di Aula lantai 7 Gedung FK di Kampus Terpadu Unimus. Dengan dilantiknya 14 dokter baru, FK Unimus telah meluluskan 279 dokter yang telah tersebar mengabdikan diri di berbagai wilayah di Indonesia.

Empat belas dokter baru yang dilantik yaitu: dr. Ahmad Azizan Hakim, dr. Arninda Fergian Saputri, dr. Arrafli Bagas Augatha, dr. Btari Tisa Anindya Kirana Prabowo, dr. Dewinta Summadhanty, dr. Ifta Iftati Sa’diyah, dr. Muhammad Rizky Irza, dr. Nony Triyana Macelia, dr. Risfal Laksana Amanullah, dr. Retno Suciana, dr. Rr. Dewi Susilojati, dr. Shintya Nanda Nur’aini, dr. Vrilia Diar Oktaviani dan dr. Yunita Sari Nugraheni. Empat belas dokter baru Unimus telah lulus Uji Kompetensi Program Profesi Dokter (UKMPPD) baik Computer Based Test (CBT) maupun Objective Structured Clinical Examination (OSCE).

“Sumpah dokter sebagai salah satu upaya agar dokter melakukan pekerjaan secara profesional serta masyarakat terlindungi. Setelah di ambil sumpah, nantinya dokter baru lulusan FK Unimus akan mendarmabaktikan dirinya kepada bangsa, negara, masyarakat dan keluarga sebagai dokter yang Islami.” ungkap Prof. Rifki.   Dekan berharap para dokter baru membawa nama baik almamater FK Unimus, bisa sukses di masyarakat dan selalu update ilmu khususnya di bidang medis. “WHO mensyaratkan 5 kriteria dokter yang baik (five star doctor) yaitu mampu memberi layanan yang baik, mampu menjadi pengambil keputusan yang baik, mampu berkomunikasi, mampu memimpin dengan baik, dan mampu menjadi manager yang baik. Unimus menambah 2 kriteria lagi  dalam “seven star good moslem doctor” yaitu dokter yang pandai melakukan penelitian dan dokter yang beriman dan bertakwa” ujar Dekan FK Unimus.

Program Pendidikan Dokter FK Unimus yang berusia satu dasa warsa telah terakreditasi B oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes) untuk Sarjana Kedokteran Unimus dan Profesi Dokter.  Pencapaian terkini yang di raih oleh FK Unimus adalah menempati peringkat ke-3 presentase kelulusan first taker Uji Kompetensi OSCE dari 72 FK di Indonesia. Selamat dan sukses bagi para dokter baru atas kelulusan yang telah diraih, selamat bagi para orang tua dan dosen pendidik yang telah berhasil menghantarkan dan mencetak lulusan dokter baru, sebagai kontribusi untuk kemajuan kesehatan Bangsa Indonesia.Reportase UPT Humas dan Protokoler