Mahasiswi FK Dilantik Jadi Presiden Mahasiswa Unimus

Mahaasiswi semester V S1 Kedokteran Indira Aura Balqis terpilih sebagai Presden Mahasiswa perempuan pertama di Unimus. Ia dilantik bersama 18 pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa) oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Prof. Dr. Masrukhi MPd didampingi Wakil Rektor (WR) III Dr. Samsudi Raharjo MT, WR I Dr. Budi Santosa, MSi.Med dan WR II Dr. Hardiwinoto, MSi pada pelantikan kepengurusan organisasi mahasiswaan (ormawa) periode 2019-2020 di kampus Unimus, Senin sore (31/12/2019).

Kepengurusan ormawa dipimpin Presiden Mahasiswa Indira Aura Balqis, Wakil Presiden Mahasiswa Endah Wahyuningrum, Ketua Senat Mahasiswa Agung Setiawan dan Wakil Ketua Rahma Ayu. Juga dilakukan pelantikan sejumlah Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Unimus.

Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd menyatakan saat ini ada sekitar 8,1 juta mahasiswa seluruh Indonesia. Mereka terbagi dalam 3 kelompok besar, 5 % mahasiswa aktivis, 5 % mahasiswa kelompok studi oriented (hanya studi saja) dan 90 % lainnya floating students. Floating student merupakan kelompok yang bukan aktivis, hanya datang ke kampus kuliah pulang kuliah pulang . Sedangkan kelompok aktivis punya idealisme dan intelektualisme yang biasanya bagus.

Rektor Unimus juga menyampaikan bahwa sebagai seorang mahasiswa yang yang selain dibebani oleh jadwal perkuliahan, tapi juga aktif di organisasi harus bisa mengatur waktu dengan cerdas dan imbang antara kegiatan organisasi dengan perkuliahannya. “Sebagai mahasiswa yang aktif dalam organisasi harus bisa bersikap kritis ,mampu menciptakan inovatif, kreatifitias, intelektual, idealisme bisa mengembangkan bakat, kepemimpinan, softskill serta ketrampilan-ketrampilan melalui organisasi yang dinaungi, namun tetap aktif dalam perkuliahan sehingga kedepannya bisa lulus tetap waktu” pesan Rektor. Lebih lanjut menjurut Prof Dr Masrukhi MPd kepengurusan ormawa Unimus kali ini diwarnai dengan banyaknya pengurus perempuan bahkan presiden mahasiswa, wakilnya, dan wakil ketua Sema serta beberapa ketua UKM juga perempuan. Untuk kali pertama dalam sejarah Unimus, presiden mahasiswa kali ini dijabat perempuan.