Pembinaan soft skill

Pembinaan Soft Skill mahasiswa dilakukan dalam bentuk Training Softskill yang bersifat wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Beberapa kegiata pembinaan soft skills diantaranya adalah :

  1. Pesantren Ramadhan bagi seluruh mahasiswa yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan.
  2. Pelatihan kepemimpinan dan manajemen mahasiswa.
  3. Pesantren Insan Utama, yang ditujukan untuk semua mahasiswa. Dilaksanakan dalam bentuk 7 paket kegiatan. Metode kegiatan ini meliputi pemaparan materi tentang Islam dan ke Muhammadiyahan, diskusi, film, games dan lain-lain. Selama masa pendidikan di Prodi S1 Kedokteran harus menyelesaikan satu paket kegiatan yang diselenggarakan pada saat mahasiswa baru. Selama pendidikan di prodi profesi mahasiswa akan menyelesaikan enam paket kegiatan tersebut yang waktunya disesuaikan disela-sela jadwal kegiatan pembelajaran profesi.Kegiatan tersebut digunakan sebagai salah satu syarat untuk yudisium kelulusan Dokter dengan bukti sertifikat Syahadah.
  4. Training ESQ (Emotional Spiritual Quotien) Character Building                                                                                  Diadakan setahun sekali bagi mahasiswa baru dan bekerjasama dengan lembaga  pengembangan ESQ. Tujuannya adalah mempersiapkan mahasiswa untuk mampu dan sukses menjalankan seluruh proses pendidikan di program studi S1 Kedokteran dan profesi Dokter Unimus.
  5. Baitu Arqom Purna Studi (BAPS)                                                                                                                                              Kegiatan BAPS diperuntukkan sebagai pembekalan kepada alumni/calon peserta wisuda Unimus dalam bidang keislaman dan kemuhammadiyahan khususnya, yang nantinya dapat di amalkan dan diterapkan dalam kehidupan di lingkungan sekitar atau di dunia kerja.
  6. Mentoring agama Islam                                                                                                                                                        Kegiatan bimbingan membaca dan menghafal Al Qur’an bagi seluruh mahasiswa baru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan Al Qur’an.

Pembinaan Soft Skill mahasiswa bertujuan agar mahasiswa memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu menunjukkan sifat dan kepribadian yang berlandaskan nilai–nilai keIslaman dan Kemuhammadiyahan.

Hasil :

Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai keIslaman dan keMuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari.