FK Unimus mengadakan seminar awam implementasi kebijakan vaksin covid 19 untuk masyarakat Jawa Tengah pada hari Sabtu, 6 Maret 2021. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unimus dr.Wahju Budi Martono, SpTHT-KL, MsiMed, selanjutnya diikuti oleh pemaparan hasil penelitian penerimaan vaksin covid 19 oleh dr.Hema Dewi Anggraheny, MKes. Adapun narasumber Bapak Kadinkes Provinsi Jawa Tengah dr.Yulianto Prabowo, MKes yang memaparkan tentang bagaimana kebijakan implementasi vaksin covid 19 dan alur prosedurnya utk masyarakat umum.

Kegiatan ini didasari dari penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa semester 7 Prodi S-1 Kedokteran FK Unimus melalui Praktik Belajar Lapangan, terkait penerimaan vaksin covid 19 pada bulan Januari 2021.

Dari hasil penelitian tersebut sebesar 46,2 % masih belum memutuskan utk mengikuti vaksinasi, dan 94% membutuhkan informasi terkait vaksinasi ini. Dari hasil tersebut menjadi dasar pemikiran untuk memberikan edukasi pada masyarakat Jawa Tengah pada khususnya untuk memberikan informasi langsung melalui seminar awam yang dilakukan secara daring dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Tengah.