TAHSINUL QURAN merupakan kegiatan membaca Alquran secara berkelompok sekaligus membetulkan tajwid yang dipandu oleh pembimbing. Kegiatan ini dilakukan setiap 2 pekan sekali selama tahap akademik dengan tujuan untuk mewujudkan nuansa akademik yang islami secara istiqomah.
Seminar Thibbun Nabawi. Salah satu bentuk kegiatan dari Unit Kedokteran Keluarga Islami (UKKI) yang bertujuan untuk mensosialisaikan thibbun nabawi kepada warga FK UNIMUS dan seluruh prodi UNIMUS yang diwakili oleh tamu undangan (pimpinan) masing-masing prodi. Kegiatan sebagai salah satu langkah untuk merpersiapkan blok elektif thibbun nabawi di tahap akademik.
Halah bi bihalal. Acara yang diselenggarakan di FK UNIMUS dan diikuti oleh seluruh staf dan dosen. Kegiatan ini sebagai wujud kasih sayang dan saling memaafkan diantara warga FK UNIMUS setelah melaksanakan kegiatan setahun dan melaksanakan puasa ramadhan. Semoga kegiatan ini menjadikan kesucian diri baik secara hablum minallah dan hablum minannas.
Program buka puasa bersama yang merupakan kegiatan rutin pada bulan ramadhan. Kegiatan ini dilakukan 3 kali selama bulan ramadhan setiap pekan sekali yang diikuti oleh seluruh staf, dosen dan mahasiswa pada tahap akademik. Selain buka bersama juga diisi dengan tadarus Alquran, maidhadul hasanat dan diakhiri dengan sholat tarawih. Kegiatan ini bertujuan untuk menyemarakkan nuansa ramadhan serta menambah jalinan ukhuwah islamiah warga FK UNIMUS.
OSCIE (Objective Structure Comprehensive Islamis Examination). Ini salah satu ujian keterampilan ibadah bagi orang sakit yang merupakan salah satu syarat untuk mendaftar sumpah dokter. Kegiatan ini dilaksanakan setelah memenuhi presensi pesantren insan utama 2 yang dilaksanakan tahap profesi.
Kegiatan keagamaan (PADEPOKAN) mahasiswa tahap profesi stase komprehensive di RS PKU Mayong Jepara. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk aplikasi dari OSCIE yaitu memberikan edukasi kepada pasien mengenai keterampilan ibadah dan menuntun orang sakit. Tujuan dari padepokan ini adalah untuk membiasakan mahasiswa berkarakter islami.
Rapat kurikulum kedokteran islam yang diikuti oleh perwakilan masing-masing bagian FK UNIMUS. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan sekaligus mensosialisasikan kurikulum kedokteran islam yang terintegrasi baik di tahap akademik maupun profesi. Dengan harapan kurikulum ini dapat diaplikasikan di seluruh proses belajar dan mengajar baik berupa materi maupun nuansa akademik yang islami.
Program pesantren insan utama 2 (PISMA 2) yang diikuti oleh 43 mahasiswa kepaniteraan klinik tahun 2017-2018. kegiatan ini dilaksanakan semlma 3 hari 2 malam di waktu liburan antara stase klinik, yang terdiri dari 6 paket. Demi menjaga nuansa akademik yang islami perlu mengisi waktu tersebut dengan kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan ini berisi program yang bereferensi perilaku hidup islami warga muhammadiyyah (PHIWM) dengan harapan terwujudnya dokterbisa mengaplikasikan nilai islami dan kehidupan sehari-hari.
Program pesantren insan utama 1 (PISMA 1) yang diikuti oleh 150 mahasiswa baru tahun 2017-2018. kegiatan ini dilaksanakan semala 3 hari 2 malam dalam rangka mempersiapkan proses belajar dan mengajar tahap akademik yang terintegrasi dengan keislaman dalam mewujudkan mahasiswa kedokteran yang berkarakter islami. Kegiatan ini meliputi materi keislaman, praktek ibadah maupun outbound yang bernilai motivasi dan kebersamaan.